Sudah terbiasa merekam layar desktop menggunakan software tambahan? Sangat terasa ribet sekali jika ingin merekam layar desktop harus menggunakan software tambahan yang di mana harus mendownload dulu, install dan bahkan beli agar watermarknya tidak ada. Nah bagaimana sih agar bisa merekam layar desktop tanpa harus menggunakan software tambahan apapun? Caranya cukup simpel sekali, kita akan menggunakan fitur yang tersedia di WIndows 10, yaitu fitur Game Bar.


Game Bar merupakan fitur bawaan Windows 10 yang di gunakan untuk merekam layar Desktop atau bisa disebut juga Screen Recorder. Game Bar ini bisa buat merekam apa aja, bisa saat bermain game, merekam layar desktop biasa. Jadi setelah adanya fitur bawaan Windows ini kita juga udah nggak ribet lagi jika mau merekam layar desktop, sehingga software tambahan tidak dibutuhkan lagi.

Cara Menggunakan Game Bar :

1. Pertama jika Game Bar belum aktif kita bisa mengaktifkannya lewat pengaturan. Klik Windows, kemudian pilih icon Settings.


2. Kemudian pilih Gaming.


3. Aktifkan Mode Game Bar, ubah menjadi ON.


4. Jika sudah aktif kalian bisa baca tombol shortcuts untuk di gunakan membuka game bar, tekan Windows + G pada keyboard. Nanti akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini, dan kemudian pilih capture.


5. Klik Start Recording.


Udah gitu aja, cukup simpelsih tanpa harus ribet ribet install software tambahan.