Kebanyakan dari kita sering menggunkana software dari Microsoft Office untuk melakukan produktivitas, entah itu untuk pekerjaan kantor maupun pekerjaan sekolah. Tidak bisa di pungkiri bahwa software Microsoft Office seperti (Word, Excell, PowerPoint dll.) itu sangat membantu pekerjaan kita banget. Tapi kebanyakan dari kita malah menggunakan Software Microsoft Office secara ilegal atau bisa dibilang bajakan. Karena harga original Microsoft Office itu sendiri cukup bisa di bilang mahal, dan harganya juga berbeda beda tergantung mau beli versi yang mana. Kalian bisa cek sendiri di internet harga original Microsoft Office itu berapa.



Kebanyakan orang menggunakan Microsoft Office itu karena ketertarikan soal fitur fitur di dalam Microsoft Office itu sendiri yang sangat membantu kegiatan produktivitas dan mudah di gunakan tentunya. Pernah nggak sih kita berpikir bahwa ada software seperti Microsoft Office yang di bagikan secara gratis atau Open source. Seiring berkembangnya jaman banyak lahirnya software software yang mirip seperti Microsoft Office ini, dan tentunya ada yang bisa kalian miliki secara gratis.Dimulai dari fitur fitur yang dimiliki beberapa software ini sangat hampir mirip layaknya Microsoft Office sendiri
Pengen tau apa ajasih software yang mirip seperti Microsoft Office tapi bisa kalian miliki dan gunakan secara gratis? Berikut daftar softwarenya.

1. LibreOffice 



Libreoffice merupakan sebuah program yang di kembangkan oleh The Document Foundation atau bisa disingkat TDF. Libreoffice ini mempunyai fitur yang hampir sama seperti Microsoft Office. Libreoffice sebuah software paket pekantoran yang bisa dimiliki secara gratis/free. Mungkin dari kita sangat asing dengan software ini karena kita sering atau terbiasa menggunakan Microsoft Office.LibreOffice bisa di gunakan di Windows 32/64bit, Mac dan Linux.

2. WPS Office



Software berikutnya adalah WPS Office, mungkin kalian pernah tau atau pernah memakai bahkan WPS Office ini, karena WPS Office ini kebanyakan terinstall di Android untuk membaca file dokumen berupa PDF dll. WPS Office yang sebelumnya bernama Kingsoft office adalah sebuah software paket perkantoran untuk Microsoft Windows, MacOs, Linux, IOS & Android yang dikembangkan oleh pengembang perangkat lunak dari Tiongkok berbasis di Zhuai, yaitu Kingsoft.
WPS Office merupakan paket software perkantoran yang terdiri dari tiga komponen utama yaitu :
WPS Writer WPS Presentation & WPS Spreadsheet.

3. Google Docs



Google Docs merupakan layanan pengolah kata, lembar sebar, presentasi, formulir dan penyimpanan data berbasis web gratis dari Google. Google Docs tersedia untuk web, Android, IOS, Windows, Blackberry dan sebagai aplikasi desktop di Google Chrome OS. Aplikasi ini kompatibel dengan format berkas Microsoft Office.

4. Apache OpenOffice 


Apache OpenOffice merupakan sebuah software paket perkantoran yang di berikan secara open source atau gratis. Paket tersebut termasuk komponen komponen pengolah kata (Word Processor), lembar kerja (spreadsheet), presentasi, ilustrasi, vektor dan gudang data (database). Apache OpenOffice ini tersedia untuk berbagai platform, yaitu Windows, Solaris, MacOS X, dan Liux. Apache OpenOffice ini menyimpan data berformat OpenDocument,tapi tenang saja format ini juga di kenali oleh Microsoft Office, jadi kita bisa membaca atau melihat dan menyimpan data lewat Microsoft Office.

Itulah beberapa software gratis yang saya pilih untuk menggantikan Microsoft Office.Sebenarnya masih banyak software yang mirip lainnya kalian bisa cari lagi aja di internet. Jadi kalian tertarik yang nomer berapa?